Selasa, 06 Juli 2010

Tahukah Anda...Bagaimana sih pola makan yang sehat itu?

Secara umum makanan harus meliputi unsur empat sehat lima sempurna. Empat sehat meliputi nasi sebagai sumber karbohidrat, lauk pauk sebagai sumber protein, sayur sebagai sumber serat dan mikronutrien, buah-buahan sebagai sumber vitamin, serat dan mikronutrien dan lima sempurnanya adalah susu sebagai pelengkap gizi yang berimbang.

Selain jenis makanan dan porsinya, ada hal lain yang perlu diperhatikan berkaitan dengan makanan keluarga adalah proses dalam mengolah makanan juga sangat diperhatikan

Dalam sehari kebutuhan kalori kita dengan aktivitas yang standar seperti jalan pulang pergi dari dan menuju tempat kerja, jalan-jalan di ruangan rumah, duduk, menulis, membaca, menemani anak bermain, melihat TV dan aktivitas rutin harian, umumnya dengan berat badan 50 – 60 kg membutuhkan kalori sekitar 2000 kalori. Nah, mari kita bandingkan dengan jenis dan jumlah makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Coba diperhatikan dan dipelototin dengan seksama ya..

berikut ini adalah contoh menu makanan sehari-hari yang sering dimakan beserta penghitungan jumlah kalorinya

contoh menu sarapan pagi

Total kalori saat makan pagi beserta kudapannya = 856,9 kalori

berikutnya adalah contoh menu makan siang

Total kalori makan siang beserta kudapannya = 896,75 kalori

pada saat makan malam mungkin menunya seperti berikut



Total kalori saat makan malam = 578,8 kalori

Jadi dengan pola makan seperti di atas, maka total kalori yang diperoleh lewat makanan =

Total kalori saat makan pagi beserta kudapannya = 856,9 kalori

Total kalori makan siang beserta kudapannya = 896,75 kalori

Total kalori saat makan malam = 578,8 kalori

Sama dengan = 2332,45 kalori


Berarti dibandingkan dengan kebutuhan standar, ada kelebihan sekitar 300-an kalori per hari. Kelebihan kalori ini akan diubah tubuh menjadi lemak, sehingga tebal lemak yang menempel di tubuh, makin lama makin tebal dan membuat orang jatuh pada keadaan obesitas alias gendut. Sedangkan obesitas sendiri, saat ini ditengarai menjadi sebab utama penyakit-penyakit degeneratif seperti diabetes melitus, hipertensi, penyakit jantung, stroke dan mengganggu fungsi ginjal. Keadaan ini akan semakin diperparah dengan perilaku tidak sehat lain seperti merokok, jarang berolah-raga serta kehidupan dijalani dengan penuh stress dan tanpa dukungan spiritualitas yang matang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar