Rabu, 07 Juli 2010

Tahukah Anda bagaimana bentuk feses (kotoran) yang sehat itu?

Tidak semua orang bisa buang air besar setiap hari. Tidak benar bahwa setiap orang harus buang air besar setiap hari secara teratur.Rentang normal buang air besar adalah antara 3 kali dalam sehari sampai 3 kali dalam satu minggu. Orang dianggap menderita konstipasi (susah buang air besar karena kebiasaan yang salah seperti tidak nyaman dengan suasana closet) atau obstipasi (karena feses terlalu keras karena kurang diet yang mengandung serat) terjadi bila buang air besarnya mulai kurang sering ketimbang biasanya.

Seringkali kita cuek tidak pernah memperhatikan feses (kotoran) saat kita buang air besar kan. Mohon maaf mungkin terkesan jorok. Tetapi ini cara yang paling mudah untuk mengetahui apakah kita mengalami gangguan pencernaan atau tidak.

Alat bantu ini menilai seseorang mengalami konstipasi atau normal adalah dengan melihat bentuk feses (tinja). Sebagaimana yang terlihat dalam gambar berikut, dapat dilihat bentuk fesesnya termasuk tipe yang mana. Bila bentuknya termasuk tipe 1 atau 2 maka dapat dikatakan seseorang mengalami konstipasi. Bentuk feses yang sama dengan tipe 3 atau 4 adalah bentuk feses yang normal. Tetapi bila bentuk fesesnya termasuk tipe 5 sampai 7 termasuk dalam kategori diare.

Alat bantu itu bernama BRISTOL STOOL CHART


Nah yang masuk dalam tipe 3 dan 4 seringkali bentuknya adalah seperti ini mohon maaf kalau gambarnya jorok...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar