Selasa, 06 Juli 2010

Seberapa kebalkah anda dalam menghadapi stress? Sekarang Anda dapat mengukurnya..

Kuesioner berikut adalah alat bantu untuk mengukur seberapa besar daya tahan mental keluarga kita dalam menghadapi stressor, diberi nama skala Miller & Smith.[1]

Cara penggunaan skala Miller & Smith, lihat item-item yang ada di sana. Cocokkan dengan keadaan Anda. Berilah penilaian, dengan skor minimal 1 dan maksimal 5. Bila pada satu item Anda jarang melihat kondisi Anda seperti itu, atau nyaris tidak pernah, diberi skor 5, bila kondisi Anda sering atau sama dengan satu item, diberikan skor 1. Jumlahkanlah total skor dari semua item tersebut, setelah itu dikurangi dengan 20. Bila hasilnya kurang dari 30 maka dapat dikatakan Anda mempunyai kekebalan yang tinggi. Sedangkan bila skornya di atas 30, maka berarti anda mempunyai kekebalan jiwa yang kurang, alias rentan menderita gangguan jiwa.

Pengukuran kekebalan [Miller & Smith]

Untuk mengetahui taraf kekebalan terhadap stress dari seseorang telah dikembangkan semacam test sebagai berikut. Terdapat 20 item dimana masing-masing diberi skor 1 hingga 5. Angka skor 1 [hampir selalu dikerjakan], sedangkan angka skor 5 [tidak pernah dikerjakan], sesuai dengan ukuran seberapa jauh berlakunya bagi yang bersangkutan.


Untuk mendapatkan nilai kekebalan, jumlahkan nilai skor di atas, lalu dikurangi dengan 20.Jumlah angka skor kurang dari 30, orang disebut kebal. Skor di atas 30 kurang kebal dan skor di atas 50 yang bersangkutan tidak kebal terhadap stress.



[1] Dadang Hawari, 1996, Al-Qur’an: Ilmu Kedokteran Jiwa dan Kesehatan Jiwa, Dana Bhakti Prima Yasa, lampiran hal 391 – 394

Tidak ada komentar:

Posting Komentar