Minggu, 11 Juli 2010

Kebiasaan Buruk dan Kesehatan

Kayaknya hampir setiap orang mempunyai kebiasaan buruk... (mungkin lho atau kalo orang jawa timur bilang bek'e)
Dari pengamatan terhadap teman dekat (termasuk saya sendiri) yang saya amati, beberapa kebiasaan buruk itu meliputi :
1. Ngupil, alias suka memasukkan jari ke dalam lubang hidung untuk mengungkit kotoran hidung yang mulai kering alias upil (dalam bahasa jawa). Saking penasarannya seringkali sampai lupa tidak memperhatikan kesopanan dan "wibawa" diri di depan banyak orang, sehingga bisa "merosot" harga dirinya. Mungkin karena inilah mengapa Gorila itu berlubang hidung besar... karena jari-jarinya juga besar ... hallah..
2. Gigit-gigit jari atau kuku... beberapa pasien, termasuk anak saya juga beberapa waktu yang lalu.. giginya eh... kukunya selalau rapi.. sehingga selalu lolos pemeriksaan kuku panjang di sekolahnya. Beberapa pasien sampai kulit jari-jarinya berdarah karena saking asyiknya digigit. Sebenarnya orang dalam kondisi ini sedang tidak sehat psikisnya..
3. "Korok-korok" lubang telinga mulai dari yang higienis dengan cotton bud, pensil, ball point, kunci bahkan ada yang memakai ranting yang masih ada daunnya. Kebiasaan jelek terakhir ini yang tidak jarang menyebabkan sang pelaku masuk UGD lantaran kemasukan benda asing seperti kapas cotton bud yang tertinggal, potongan ujung pensil dan bahkan ranting yang masih ada daunnya tidak dapat dikeluarkan dari lubang hidung sebagaimana terlihat dalam gambar berikut.



gambar "korok-korok" lubang telinga yang berujung "antene daun"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar