Minggu, 04 Juli 2010

cara menilai apakah kita rawan menderita gangguan jiwa atau tidak

sebaiknya setahun sekali Anda dan keluarga mengevaluasi peristiwa-peristiwa yang sarat emosi dan psikologis yang mempunyai pengaruh terhadap kesehatan jiwa Anda dan sekeluarga.
Alat berikut dalam bentuk Skala Holmes (Sesuai dengan nama yang menemukan dan memublikasikan) merupakan alat bantu untuk menilai apakah peristiwa-peristiwa kehidupan yang dihadapi Anda sekeluarga berisiko menimbulkan gangguan jiwa atau tidak.

Skala Holmes
; mengukur beban stressor yang sedang mendera keluarga kita dalam satu tahun terakhir



Cara penggunaannya, identifikasi peristiwa-peristiwa hidup yang Anda alami dalam satu tahun terakhir. Kemudian lihat dalam daftar skala Holmes tersebut. Bila ada yang masuk, lihat skornya. Peristiwa hidup yang Anda alami bisa lebih dari satu, kemudian jumlahkan. Bila skornya melebihi 300, maka Anda rawan untuk mengalami penyakit-penyakit kejiwaan, seperti gangguan kecemasan, gangguan depresi dan gangguan-gangguan jiwa lainnya. Solusinya bila skor Anda mulai sama atau melebihi 300 secepatnya konsul kepada Psikiater atau dokter ahli jiwa. Bisa juga Anda mendatangi Psikolog klinis, seorang yang ahli kejiwaan berlatar pendidikan psikologi dan bukan dokter, sehingga tidak bisa memberikan resep.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar