Sabtu, 19 Februari 2011

Tahukah Anda Berapa Banyak Kolesterol Yang Aman untuk Anda Konsumsi Hari Ini?

Bagi Anda yang saat ini berusia menginjak 40 tahun atau lebih, secara fisik terlihat mulai meninggalkan dunia hitam (maksudnya warna rambut sudah mulai meninggalkan warna hitam menuju ke-putih-an) perlu Anda perhatikan dengan seksama kadar kolesterol berbagai makanan berikut:

Kandungan kolesterol beberapa bahan makanan

Setiap 100 gram bahan

Kolesterol (mg)

Susu sapi cair

11

Daging ayam

60

Daging sapi, kambing, babi, ikan

70

Susu bubuk penuh (full cream)

85

Lemak babi

95

Keju

100

Udang

125

Mentega

250

Hati

300

Telur

550

Otak

2000

Beberapa catatan penting yang HARUS diperhatikan

1. Bagi mereka yang kadar kolesterol darahnya tinggi, tetapi kadar trigliserida normal atau agak tinggi maka konsumsi kolesterol sehari tidak lebih dari 300 mg, lemak dibatasi sedangkan karbohidrat tidak dibatasi

2. Bagi mereka yang kadar trigliserida darahnya tinggi, tetapi kadar kolesterol normal atau agak tinggi maka konsumsi lemak, karbohidrat dan kolesterol dibatasi (konsumsi kolesterol 300 – 500 mg sehari)

3. Asupan kalori sesuai kebutuhan dalam hal ini tergantung aktivitas harian, untuk asupan protein tidak dibatasi seperti putih telur, tetapi dianjurkan banyak mengonsumsi makanan yang berserat

4. Makanan / minuman yang manis seperti sirup, dodol dan es krim mulai dibatasi, sedangkan daging tak berlemak tidak lebih dari 100 gram atau 1 ons satu harinya

Salam sehat dan semoga bisa menjaga amanah kesehatan sebaik-baiknya... amin

1 komentar:

  1. Dalam satu butir telur berukuran besar kini hanya terdapat 185 miligram (mg) kolesterol, turun dari 212 mg dan 41 IU vitamin D atau naik 18 IU vitamin D. Selain itu, telur juga mengandung jumlah kalori yang masih sama, yakni 70 kalori, dan 6 gram protein.
    The American Egg Board menyebutkan bahwa perubahan tersebut dipengaruhi oleh faktor pemberian makanan pada ternak ayam, termasuk penambahan suplemen vitamin D.
    Meski jumlah kolesterol telur lebih sedikit, menurut Dietary Guidelines for Americans, orang dewasa disarankan untuk membatasi asupan kolesterolnya kurang dari 300 mg per hari sehingga sebutir telur masih mengandung kolesterol separuh dari yang disarankan. Padahal, asupan kolesterol juga didapatkan dari jenis makanan lain.
    Referensi:
    (http://health.kompas.com/index.php/read/2011/02/10/07183175/Turun..Jumlah.Kolesterol.dalam.Telur)

    BalasHapus